Jumat, 15 April 2011

Pembiasaan Aktivitas Islami

Anak-anak usia Madrasah ibtidaiyah adalah anak-anak yang memiliki golden age, mereka mempunyai potensi perkembangan diri yang luar biasa. Potensi-potensi perkembangan itu sudah semestinya mendapat stimulus (rangsangan) yang baik. Oleh karena itu, MI Al Iman berupaya memberikan stimulus yang positif bagi peserta didik dengan melaksanakan pembiasaan aktivitas islami di lingkungan Madrasah.

Setiap harinya, ketika siswa memasuki lingkungan madrasah, mereka dibiasakan untuk membudayakan senyum, salam, sapa dan juga jabat tangan baik kepada guru maupun sesama siswa. Selain itu, kegiatan pembelajaran diawali dengan berdoa dan dilanjutkan dengan membaca 99 asmaul husna yang dipimpin oleh ketua kelas dan dibimbing oleh guru kelas masing-masing. Ketika jam istirahat pertama, siswa diajak untuk melaksanakan sholat dhuha di musholla. Ketika bel pulang sekolah berbunyi, anak-anak berdoa kemudia bergegas menuju ke musholla lagi untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah. 

Ketika bulan Ramadhan, di MI Al Iman Tempel diadakan Pesantren Kilat (Sanlat) bagi siswa kelas III s/d kelas IV. Tak hanya itu saja, ketika masyarakat Dusun Bandung Tambakrejo Tempel mengadakan pengajian rutin setiap bulannya, warga MI Al Iman juga berpartisipasi dalam pengajian tersebut. Jadi tak salah jika ada yang mengatakan bahwa MI adalah sekolah dasar plus, yakni sekolah dasar yang mempunyai kelebihan di bidang keagamaan dibanding sekolah dasar umumnya. (Teguh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar