Jumat, 22 April 2011

Hari Kartini


Ibu kita Kartini Putri Sejati
Putri Indonesia Harum namanya
Ibu kita Kartini Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya untuk merdeka
Wahai Ibu Kita Kartini Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia

Ya, Ibu Kita Kartini, siapa yang tak kenal dengannya. Putri Indonesia kelahiran Jepara Jawa tengah yang telah gigih memperjuangkan nasib kaum wanita di tanah air tercinta ini. Usahanya untuk memperjuangkan persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan dalam segala aspek kehidupan patut ditiru. Dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya. Tanggal 21 April adalah hari yang diteteapkan oleh pemerintah sebagai hari Kartini untuk menghormati pejuang emansipasi wanita itu.

Sehubungan degan hal tersebut, sebagai uapaya penanaman rasa kecintaan dan kebanggan siswa-siswi MI Al Iman Tempel atas para Pahlawan bangsa ini, pada peringatan hari Kartini mereka bersekolah dengan mengenakan pakaian adat. Semua siswa tampak bersemangat dalam mempersiapkan pakaian adat masing-masing. Ada yang menyewa di salon dan ada juga yang membuat kreasi dari pakaiaan yang dimilikinya di rumah dengan bantuan Ayah, Ibu atau Kakak mereka. Wajah ceria dan warna-warni busana khas Indonesia menghiasi setiap sudut madarah pada hari itu.

Namun peringatan Hari Kartini tidaklah hanya dilakukan dengan mengenakan pakaiaan adat saja. Makna yang sebenarnya dari Peringatan Hari Kartini adalah bagaimana Kartini-Kartini kecil di MI Al Iman Tambakrejo Tempel dapat lebih mengenal sosok Ibu Kita Kartini dan kemudian dapat meneladani semangat perjuangannya yang mulia. Bagaimana meningkatkan kualitas belajar sebagaimana yang dilakukan Kartini untuk mengangkat derajat kaum wanita. (Teguh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar